Gejala dan Tanda-tanda Penyakit Kanker pada Anak-anak

Gejala dan Tanda-tanda Penyakit Kanker pada Anak-anak - Penanganan dini serta perawatan yang tepat merupakan langkah yang dapat memperbesar potensi kesembuhan pada anak yang menderita kanker. Mengingat angka anak dengan kanker terus meningkat dan kanker menjadi penyebab dari sekitar 10 persen kematian anak, maka pemahaman terhadap gejala dan tanda-tanda kanker pada anak sangatlah perlu kita ketahui.
Jika anak mengalami gejala dan tanda-tanda berikut ini pada organ tubuhnya, baiknya orangtua segera bergegas memeriksakan buah hati kepada dokter:

-   Mata
Tanda-tanda ini, biasanya terjadi pada anak berumur di bawah empat tahun:
1.   Segera periksa jika ada bintik putih pada mata atau “mata kucing”.
2.   Jjika mata tampak lebih besar atau menonjol.
3.   Jika mata mendadak juling dan mengalami pendarahan secara spontan.

-   Pembengkakan
Pembengkakan pada hati, limpa, leher, buah zakar, kelenjar getah bening, dan tulang, sebaiknya jangan dianggap sepele. Segera periksakan pada dokter jika terdapat gejala-gejala ini.

-   Rasa Nyeri
Jika anak mengeluhkan rasa sakit pada tulang atau sendi.

-   Tanda- Tanda Neurologis
Meliputi sakit kepala yang berkepanjangan, disertai mual atau muntah yang menyemprot saat bangun tidur, gangguan keseimbangan, penurunan kesadaran, kejang, perubahan perilaku, kelumpuhan anggota gerak dan saraf otak.

-   Tanda-tanda Umum
Pucat, demam yang tidak diketahui penyebabnya, pendarahan yang abnormal seperti lebam atau biru-biru di kulit, mimisan, atau kencing berdarah, lalu penurunan berat badan serta tidak nafsu makan.